iisresource.org

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat pentingnya fungsi mata, ada sebagian hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain:

1. Periksakan mata secara rutin

Setiap orang, mulai dari si kecil-si kecil sampai lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang telah berusia lebih dari 40 tahun, malah dianjurkan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berhubungan dengan pertambahan umur, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

2. Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

3. Hindari penerapan gawai terlalu lama

Menatap layar komputer atau hp terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi melarikan diri.

Jikalau Anda berprofesi di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, tiap-tiap 20 menit sekali. Anda juga dapat mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap-tiap 2 jam sekali.

4. Hindari paparan cahaya ultraviolet

Tak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari efek membahayakan cahaya ultraviolet. Hal ini karena mata yang terlalu acap kali terpapar cahaya ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan malah kanker mata.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari cahaya UVA dan UVB atau memakai topi bertepi lebar ketika beraktivitas di siang hari.

5. Hentikan kultur mengisap rokok

Mengisap dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang sanggup menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Oleh karena itu, seandainya Anda seorang perokok aktif, hentikan kultur mengisap rokok mulai kini juga.

6. Hati-hati saat memakai make up

Make up berbentuk cairan atau krim lazimnya rentan akan pertumbuhan bakteri seandainya terlalu lama tidak diaplikasikan. Oleh karena itu, buang dan ganti make up Anda seandainya telah 3 bulan diaplikasikan. Hindari pula saling berbagi pakai alat rias.

7. Olahraga secara rutin

Sebuah penelitian mengucapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata dan malah menurunkan risiko kehilangan penglihatan pengaruh tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.