Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Pasti banyak orang yang beranggapan jika tomat itu adalah sebuah sayuran, tomat sebenarnya adalah buah yang termasuk dalam keluarga nightshade, bersama dengan terong, paprika, dan kentang. Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh ada banyak sekali.

Memiliki berbagai macam warna dan jenis, dari yang bentuknya besar sampai yang berbentuk kecil-kecil. Secara tradisional, warna merah, Anda juga bisa mendapatkan tomat dengan warna kuning, hijau, ungu, oranye dan beraneka ragam.

1. Dapat menjaga kesehatan jantung

Tomat berukuran 80g memiliki kandungan sekitar 5% dari kebutuhan kalium harian orang dewasa. Mengkonsumsi makanan yang kaya potasium dikaitkan dengan tingkat stroke yang lebih rendah dan dapat dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, terdapat kandungan likopen yang ada di dalam tomat yang menyebabkan mereka berwarna merah, ada penelitian yang berkembang tentang likopen dan sifat kesehatannya termasuk potensinya untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Dapat melindungi mata

Yang kedua ada kandungan dalam tomat yang bernama fitokimia atau bisa disebut juga sebagai karotenoid, ini termasuk likopen, lutein dan beta-karoten. Senyawa ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat melindungi dari degenerasi makula terkait usia dan penyakit mata lainnya.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

3. Dapat menjaga kulit yang sehat

Kandungan karotenoid dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV pada manusia yang terdapat dalam tomat. Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa setelah studi 10-12 minggu terdapat 10 Situs Poker Online Terpercaya penurunan sensitivitas sebagai akibat dari peningkatan diet karotenoid.

Bukan berarti Anda akan kebal terhadap panas atau api jika banyak memakan tomat, tetap penting untuk mengikuti panduan dan berhati-hati di bawah sinar matahari untuk menghindari kerusakan akibat sinar UV.

4. Dapat mendukung pembekuan darah dan penyembuhan luka

Salah satu sumber vtamin K yang baik ialah sayuran tomat, yang diperlukan untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka. Ada juga semakin banyak bukti bahwa vitamin K mungkin bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kardiovaskular juga.

Menurut penelitian setidaknya 1mg vitamin K perhari yang dibutuhkan manusia, kebanyakan orang harus dapat mencapai ini dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang.

5.Dapat membantu mengurangi gejala menopause

Sebuah studi ilimiah yang dilakukan oleh Nutrition Journal pada tahun 2015 telah menemukan bahwa asupan jus tomat tampaknya membantu meringankan beberapa gejala menopause seperti kecemasan, pengeluaran energi saat istirahat, dan detak jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.