Manfaat dari Daun Sirih

Apa kalian tau daun sirih? ya daun yang berwarna hijau kehitaman ini merupakan daun dengan berjuta manfaat guys, yang tentunya baik untuk kesehatan. Terlepas dari itu apakan kalian semua tau bentuk dari daun sirih? dan apa saja manfaat nya yang berguna bagi kesehatan kita? Jika kalian ingin mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Di India, sejak zaman dahulu daun sirih digunakan dalam ritual keagamaan karena dianggap membawa keberuntungan. Daun sirih adalah daun berbentuk hati berwarna hijau tua yang termasuk dalam famili Piperaceae. Nama ilmiah daun sirih adalah “Piper betle”.

Di India, daun sirih umumnya dikenal sebagai “daun paan” dan dikonsumsi oleh sekitar 15-20 juta orang. Daun sirih dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, kepulauan Filipina dan Indonesia.

Ini ditemukan di berbagai daerah di India seperti Bengal, Orissa, Bihar dan Karnataka. Daun sirih juga dikenal sebagai “paan ka patta” memiliki rasa yang kuat, pedas dan aromatik dan banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

 

Komposisi Nutrisi Daun Sirih

Sekitar 85-90% daun sirih adalah air, yang berarti memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah. Sekitar 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori. Ini mengandung 0,4-1% lemak dan 3-3,5% protein, yang https://ratawate.com/ menjadikannya sumber rendah lemak dan sumber protein sedang.

Selain itu, daun sirih mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Selain nutrisi tersebut daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia ini memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan

Manfaat Daun Sirih

1. Agen Anti-diabetes

Berbagai obat anti diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis dan obat herbal ini hadir tanpa efek samping.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Studi telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan very low-density lipoprotein (VLDL) kolesterol. Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas.

Nah itu dia guys manfaat dari Daun Sirih, sungguh beragam dan banyak sekali bukan manfaatnya. Oleh karena itu banyak orang menanam Daun Sirih ini dengan segala kebutuhan yang diperlukan oleh beberapa orang guys. Dan tentunya karena mudah ditanam dengan bibit yang baru guys dan praktis tidak ribet harus gimana gimana yang menjadikan Daun Sirih ini menjadi banyak yang minati. Oke guys itu saja yang bisa saya informasikan mengenai Daun Sirih . Semoga bermanfaat dan stay healthy ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.