iisresource.org

Kesehatan Mental : Pengertian Dan Pentingnya Menjaga Mental

Kesehatan mental mungkin sering luput dari perhatian. Meskipun, keadaan mental yang sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit.

Tapi, apakah Anda telah memahami apa itu kesehatan mental? Untuk lebih mengenalnya, simak review berikut mengenai serba-serbi kesehatan mental yang perlu Anda tahu.

Pengertian Kesehatan Mental

Mental merupakan hal-hal yang terkait dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental merupakan keadaan ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tentram, dan hening, sehingga bisa melaksanakan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Untuk memahami lebih dalam, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosi, psikis, dan sosial manusia.

Hal-hal ini membantu manusia untuk berdaya upaya, merasa, dan bertindak, serta menghadapi stres, terkait dengan orang lain, dan membuat keputusan yang ideal.

Sebaliknya, seseorang dengan keadaan mental yang buruk akan susah membatasi emosi, stres, serta tidak bisa berdaya upaya, merasa, bertindak, dan membuat keputusan dengan ideal.

Malahan, seseorang dengan mental yang buruk malahan cenderung memiliki relasi yang tidak baik dengan orang di sekitarnya atau sering menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Meskipun demikian, CDC menegaskan, kesehatan mental yang buruk dan gangguan mental (mental illness) bukanlah sesuatu hal yang sama.

Seseorang bisa mengalami keadaan mental yang buruk, namun belum tentu didiagnosis dengan tipe gangguan mental tertentu.

Sebaliknya, orang yang didiagnosis memiliki mental illness malahan bisa mengalami jangka waktu mental, jasmani, dan sosial yang baik.

Kenapa Kesehatan Mental Itu Penting

Kesehatan mental merupakan komponen yang penting dalam setiap tingkatan kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, sampai dewasa.

Malahan, seringkali diceritakan, keadaan mental pada masa kanak-kanak bisa memengaruhi perkembangan kejiwaan seseorang sampai dewasa nantinya.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki mental yang sehat sedari kecil. Dengan memiliki mental yang sehat, seseorang bisa menikmati berbagai manfaat dalam melaksanakan kehidupannya, seperti:

  • Lebih mampu menuntaskan stres dan tekanan hidup.
  • Sehat secara jasmani atau jasmani.
  • Bisa menjalin relasi yang baik dengan sesama manusia.
  • Bisa berkontribusi di masyarakat.
  • Berprofesi secara produktif.
  • Sadar potensi yang dimiliki.

Tidak hanya itu, kesehatan mental dan jasmani malahan betul-betul terkait. Seseorang yang memiliki gangguan mental, terutamanya depresi, bisa meningkatkan risiko berbagai situasi sulit jasmani pada masa mendatang, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Sebaliknya, keadaan jasmani yang kronis malahan bisa meningkatkan risiko gangguan mental (mental illness) pada seseorang.

Oleh karena itu, menjaga mental dan jasmani yang sehat betul-betul penting dilaksanakan untuk mencegah berbagai penyakit yang tentu akan mengganggu kehidupan Anda.